Entri Populer

Senin, 26 Desember 2011

SIFAT SENI


     Teman teman semuanya , kali ini saya akan memberi penjelasan mengenai sifat-sifat seni , dan pelajaran mengenai sifat-sifat  seni ini saya dapatkan saat SMA kelas 1, semoga bermanfaat bagi teman teman sekalian, dan inilah sifat-sifat seni & penjelasannya :

  1. Simbolis      => karya seni Tradisional biasanya penuh diwarnai dgn perlambangan, baik dlm bentuk metafora binatang, tumbuhan, bangunan, atau figur manusia.
  2. Mitologi      => Tokoh-tokoh legenda dan mitos dalam benda-benda seni. Seni pewayang, Pandawa lima , Gatotkaca, Kurawa, Rahwana, Dorna, dan sebagainya.
  3. Religius       => Karya seni dipergunakan untuk menunjang kegiatan ritual, dan penyampaian ajaran keagamaan.
  4. Fungsional  => Seni modern beserta nilai estetikanya kini disamping memiliki sifat untuk memacu kreatifitas, juga memiliki sifat untuk menghibur & mengunggah, meningkatkan kualitas hidup, manfaat, mendidik, dan menguntungkan.
  5. Sosial        => Dari segi seni sosial karya seni rupa memiliki sifat sebagai  kritik sosial, tanda-tanda zaman, pemecahan sosial, penyadaran sosial, dan memanusiakan teknologi
  6. Inovatif      => Sebagai bagian dari dunia kretivitas manusia, peranan utama seni adalah menawarkan berbagai pembaharuan. Diantaranya Menawarkan nilai estetik baru, sumber Gagasan kreatif.
  7. Ekonomis  => Dalam dunia praksis kegiatan perancangan, nilai estetik atau seni bnyk membantu dalam,. : Meningkatkan pemasaran, sebagai aset, komoditi eksor.
  8. komunikatif => Sama halnya dengan bahasa verbal ( ucapan ), daya komunikasi seni telah diakui. Sebab seni memiliki sifat : Retoris, Propaganda, Kampanye, Bahasa.
  9. Budaya      => Sifat yg paling unik dari sebuah kegiatan kesenian, atau karya seni adalah sifat kulturnya.
Nah, sekian yang bisa saya jelaskan mengenai sifat-sifat seni , kalo ada salah salah penulisan , ya mohon di maklumilah kan namanya juga mausia .

2 komentar: